Portofolio Karya

Freelance Design

Sabtu, 09 Juli 2016

Cara Pencegahan Cedera Olahraga

Pencegahan Cedera Olahraga yang Benar dan Efektif

Sangatlah penting bagi seorang atlet menjaga keamanan/safety ketika sedang melakukan aktivitas olahraga, banyak cara untuk mencegahnya, kita akan bahas dalam artikel kali ini.

A. PRINSIP PENCEGAHAN OLAHRAGA

         Pencegahan cedera merupakan upaya yang wajib dilakukan oleh praktsi di bidang olahraga, cedera memberikan risiko pemulihan yang tidak sempurna dan menjadi kronis, sehingga Seringkali olahragawan/ atlet mengalami penurunan peforma akibat nyeri berulang, keterbatasan lingkup gerak sendi, dll, oleh karena itu pencegahan cedera menjadi sangat utama agar atlet bisa terhidar dari cedera dan bisa berkompetisi dengan baik tampa gangguan apapun dari cedera.

Pencegahan Cedera dibagi menjadi 3 :

1. Pencegahan Primer
   Adalah himbauan kesehatan dan pencegahan cedera kepada orang yang belum pernah mengalami cedera, agar mereka bisa safety pada dirinya sendiri, dan menghindari cedera yang berbahaya.
contoh : Menggunakan perlindungan di lutut, memakai sepatu yang cocok untuk medan, dll

2. Pencegahan Primer
  Yaiyu diagnosis dan penanganan awal untuk membatasi keparahan cedera, atau mengurangi risiko cedera kembali. Contoh penanganan dengan metode R.I.C.E (Rest, Ice, Compression, Elevation) segera setelah terjadi cedera engkel

3. Pencegahan Tersier
Yaitu Upaya Rehabilitasi untuk atau memperbaiki kecacatan yang terjadi ketika bagian tubuh pernah mengalami cedera, fungsinya adalah untuk mendukung kesembuhan mendekati sempurna juga untuk meningkatkan peforma bagian tubuh yang penah mengalami cedera.
contohnya : terapi latihan waable board dan serangkaian program terapi setelah penanganan pertama dengan metode R.I.C.E pada atlet yang mengalami cedera Engkel.

B. PENDEKAN SISTEMATIS CEDERA OLAHRAGA


0 komentar:

Posting Komentar